Selasa, 13 Maret 2012

Lain-Lain Tentang Komputer

Digsbylogo.jpg


Penyimpanan data komputer


Penyimpanan data komputer, berasal dari bahasa Inggris "computer data storage" sering disebut sebagai memori komputer, merujuk kepada komponen komputer, perangkat komputer, dan media perekaman yang mempertahankan data digital yang digunakan untuk beberapa interval waktu. Penyimpanan data komputer menyediakan salah satu tiga fungsi inti dari komputer modern, yakni mempertahankan informasi. Ia merupakan salah satu komponen fundamental yang terdapat di dalam semua komputer modern, dan memiliki keterkaitan dengan mikroprosesor, dan menjadi model komputer yang digunakan semenjak 1940-an.
Dalam penggunaan kontemporer, memori komputer merujuk kepada bentuk media penyimpanan berbahan semikonduktor, yang dikenal dengan sebutan Random Access Memory (RAM), dan kadang-kadang dalam bentuk lainnya yang lebih cepat tapi hanya dapat menyimpan data secara sementara. Akan tetapi, istilah "computer storage" sekarang secara umum merujuk kepada media penyimpanan massal, yang bisa berupa cakram optis, beberapa bentuk media penyimpanan magnetis (seperti halnya hard disk) dan tipe-tipe media penyimpanan lainnya yang lebih lambat ketimbang RAM, tapi memiliki sifat lebih permanen, seperti flash memory.

erge sort


contoh penggambaran cara kerja  merge sort.
Merge sort merupakan algoritma pengurutan dalam ilmu komputer yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengurutan atas suatu rangkaian data yang tidak memungkinkan untuk ditampung dalam memori komputer karena jumlahnya yang terlalu besar. Algoritma ini ditemukan oleh John von Neumann pada tahun 1945.

Algoritma

Prinsip utama yang diimplementasikan pada algoritma merge-sort seringkali disebut sebagai pecah-belah dan taklukkan (bahasa Inggris: divide and conquer). Cara kerja algoritma merge sort adalah membagi larik data yang diberikan menjadi dua bagian yang lebih kecil. Kedua larik yang baru tersebut kemudian akan diurutkan secara terpisah. Setelah kedua buah list tersusun, maka akan dibentuk larik baru sebagai hasil penggabungan dari dua buah larik sebelumnya. Menurut keefektifannya, alogaritma ini bekerja dengan tingkat keefektifan O(nlog(n)). Dalam bentuk pseudocode sederhana algoritma ini dapat dijabarkan sebagai berikut:

# Original data is on the input tape; the other tapes are blank
 function merge_sort(input_tape, output_tape, scratch_tape_C, scratch_tape_D)
     while any records remain on the input_tape
         while any records remain on the input_tape
             merge( input_tape, output_tape, scratch_tape_C)
             merge( input_tape, output_tape, scratch_tape_D)
         while any records remain on C or D
             merge( scratch_tape_C, scratch_tape_D, output_tape)
             merge( scratch_tape_C, scratch_tape_D, input_tape)

 # take the next sorted chunk from the input tapes, and merge into the single given output_tape.
 # tapes are scanned linearly.
 # tape[next] gives the record currently under the read head of that tape.
 # tape[current] gives the record previously under the read head of that tape.
 # (Generally both tape[current] and tape[previous] are buffered in RAM ...)
 function merge(left[], right[], output_tape[])
     do
        if left[current] ≤ right[current]
            append left[current] to output_tape
            read next record from left tape
        else
            append right[current] to output_tape
            read next record from right tape
    while left[current] < left[next] and right[current] < right[next]
    if left[current] < left[next]
        append current_left_record to output_tape
    if right[current] < right[next]
        append current_right_record to output_tape
    return 
 
 

Multi-program

Multi-program adalah salah satu teknik penjadwalan dimana tugas (task) yang sedang berjalan tetap berjalan sampai ia melakukan operasi yang membutuhkan waktu untuk menunggu respon dari luar (external event), misalnya membaca data dari disket/CD/dsb, atau sampai komputer memaksa untuk menukar tugas yang sedang berjalan dengan tugas lainnya. Sistem operasi yang yang menggunakan multi-program sebagai scheduler-nya bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan CPU.
Pada masa-masa awal dunia perkomputeran, CPU cukup mahal dan peripherals sangat lamban. Saat komputer menjalankan sebuah program yang membutuhkan akses ke peripheral, CPU harus menghentikan instruksi-instruksi program lainnya selama peripheral memproses data. Hal ini dianggap sangat tidak efisien.
Usaha pertama untuk membuat sistem operasi berbasis multi-program dilakukan pada tahun 1960an. Beberapa program yang berlainan di dalam batch di-load ke memori komputer, dan program yang pertama akan dijalankan. Saat program tersebut mencapai instruksi untuk menunggu akses ke peripheral, konteks dari program ini disimpan, dan program berikutnya di memori mulai dijalankan. Proses ini berulang terus sampai semua program selesai dijalankan.
Multi-program tidak memberi garansi bahwa program-program akan berjalan bersamaan. Bisa saja program pertama yang dijalankan tidak membutuhkan akses ke peripheral sehingga program tersebut berjalan terus berjam-jam. Namun demikian multiprogramming cukup mengurangi waktu user untuk menunggu karena user tinggal memasukan sederetan program ke komputer dan kembali beberapa jam kemudian untuk melihat hasilnya.
Primary Control Program (PCP) pada OS/360 versi awal menggunakan sistem multiprogramming seperti yang disebut barusan, namun kemudian diganti pada tahun berikutnya oleh MFT dengan sistem multi-program yang membatasi waktu proses bagi CPU sebelum mengganti dengan proses lainnya.
 

Digsby

Digsby adalah sebuah program pengiriman pesan instan berbasis IM Instant Messaging atau Pesan Instan multi protokol melalui web browser yang dikembangkan oleh dotSyntax, LLC. Digsby mendukung sebagian besar jenis pengiriman pesan, yaitu AOL Instant Messenger, Microsoft.NET Messenger Service, Yahoo! Messenger, ICQ, Facebook Chat, dan servis berbasis XMPP seperti Google Talk. Digsby juga dapat menunjukkan notifikasi e-mail dan notifikasi lainnya dari MySpace, Facebook, Twitter dan LinkedIn. Diperlukan registrasi untuk mengunduh aplikasi ini di komputer, dan dapat dilakukan secara gratis. Installer Digsby menggunakan memori komputer sebanyak 3.8 MB. Sejak 20 maret 2008, aplikasi Digsby sudah dikembangkan dalam bentuk beta.



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar